RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis
Kelas/ Semester : X/ I ( Satu )
Tahun Pelajaran : 2019/ 2020
Durasi : 5 x 45 Menit
Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan) : | Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan . Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.. |
KI-4 (Keterampilan) : | Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan . Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
| Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain Menjelaskan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain Mendemonstrasikan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran:
Peserta didik dapat Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
Peserta didik dapat Menjelaskan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
Peserta didik dapat Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
Peserta didik dapat Mendemonstrasikan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
Materi Pembelajaran
Prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
Model : Problem Based Learning
Alat dan Media Pembelajaran
Vidio Pembelajaran.
Slide Powerpoint.
LCD Proyektor.
Sumber Belajar
Hand Out
Internet
Langkah Pembelajaran
Tahap pemebelajaran | Sintaks Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Langkah Saintifik | Waktu |
---|
M 1 | M 2 | M 3 | M 4 | M 5 |
---|
Pendahuluan |
| Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
|
|
|
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
| |
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
|
|
|
|
| |
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
|
|
|
| |
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,
|
|
|
|
| |
Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.
|
|
|
|
| |
|
Inti | Stimulus | Guru menampilkan tayangan tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
|
|
|
Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
|
|
Identifikasi masalah | Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
|
|
Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
|
|
Pengumpulan data | Guru meminta siswa mengali informasi tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
|
|
Siswa menggali informasi tentang tentang pengertian, prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
| |
| Pembuktian | Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
| |
Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.
|
|
|
|
| |
Menarik kesimpulan | Siswa menyajikan dalam bentuk hasil diskusi kelompok tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
| |
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
| |
| Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru
|
|
|
|
| |
|
Siswa menyimpulkan materi tentang tentang prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
|
|
|
| |
|
Penutup |
| Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas
|
|
|
|
|
|
|
Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.
|
|
|
|
|
|
Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
|
|
Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.
|
|
|
|
|
|
Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pembelajaran
Teknik : Non Test dan Test
Bentuk :
Disahkan Oleh …..., ………. 2020
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
………………………….. …………………………..
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment