iklan

Wednesday, 13 November 2024

RPP SISTEM KOMPUTER KD 3.5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Sekolah :

Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mata Pelajaran : Sistem Komputer

Kelas/ Semester : X/ I ( Satu )

Tahun Pelajaran : 2022/ 2023

Durasi : 18 x 45 Menit


  1. Kompetensi Inti

KI-3 (Pengetahuan) :  

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..

KI-4 (Keterampilan) :      

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 









  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Mengaplikasikan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 


  1. Mempraktikkan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)

  1. Mengaplikasikan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 

  2. Menjelaskan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika)  

  1. Mempraktikkan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)

  2. Mendemonstrasikan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)



  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran:

  1. Peserta didik dapat Mengaplikasikan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika)

  2. Peserta didik dapat Menjelaskan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika)  

  3. Peserta didik dapat Mempraktikkan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)

  4. Peserta didik dapat Mendemonstrasikan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)

  1. Materi Pembelajaran

Elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 

  1. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

  1. Pendekatan : Saintifik

  2. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan 

  3. Model : Problem Based Learning

  1. Alat dan  Media Pembelajaran

  1. Vidio Pembelajaran.

  2. Slide Powerpoint.

  3. LCD Proyektor.

  1. Sumber Belajar

  1. Hand Out

  2. Internet

  1. Langkah Pembelajaran

Tahap 

pemebelajaran

Sintaks

Model Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Langkah Saintifik

Waktu

M

1

M

2

M

3

M

4

M

5

Pendahuluan



  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran







  1. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin






  1. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.






  1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.






  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung






  1. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,






  1. Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.











Inti

Stimulus

  1. Guru menampilkan tayangan tentang elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 














  1. Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 






Identifikasi masalah

  1. Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang  elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 






  1. Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 






Pengumpulan data

  1. Guru meminta siswa mengali informasi tentang elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 






  1. Siswa menggali informasi tentang tentang  pengertian, elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 







Pembuktian

  1. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang  elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 






  1. Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.






Menarik kesimpulan

  1. Siswa menyajikan dalam bentuk  hasil diskusi kelompok tentang   elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 






  1. Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 







  1. Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru







  1. Siswa menyimpulkan materi tentang tentang  elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika) 











Penutup


  1. Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas











  1. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.






  1. Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.






  1. Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.






  1. Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.































  1. Penilaian Pembelajaran 

  1. Teknik : Non Test dan Test

  2. Bentuk

  • Penilaian pengetahuan (Terlampir)

  • Penilaian keterampilan (Terlampir)


Disahkan Oleh Sarolangun,     Agustus 2022

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,





No comments:

Post a Comment

RPP SISTEM KOMPUTER KD 3.5

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi Mata Pelajaran : Sistem ...