RPP DASAR DESAIN GRAFIS KD 3.8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis
Kelas/ Semester : X/ I ( Satu )
Tahun Pelajaran : 2019/ 2020
Durasi : 35 x 45 Menit
Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan) : | Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan . Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.. |
KI-4 (Keterampilan) : | Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan . Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
Membuat desain berbasis gambar vektor
| Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor Menjelaskan pembuatan desain berbasis gambar vektor
Membuat desain berbasis gambar vektor Melakukan desain berbasis gambar vektor
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran:
Peserta didik dapat Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
Peserta didik dapat Menjelaskan pembuatan desain berbasis gambar vektor
Peserta didik dapat Membuat desain berbasis gambar vektor
Peserta didik dapat Melakukan desain berbasis gambar vektor
Materi Pembelajaran
Pembuatan desain berbasis gambar vektor
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
Model : Problem Based Learning
Alat dan Media Pembelajaran
Vidio Pembelajaran.
Slide Powerpoint.
LCD Proyektor.
Sumber Belajar
Hand Out
Internet
Langkah Pembelajaran
Tahap pemebelajaran | Sintaks Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Langkah Saintifik | Waktu |
---|
M 1 | M 2 | M 3 | M 4 | M 5 |
---|
Pendahuluan |
| Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
|
|
|
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
| |
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
|
|
|
|
| |
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
|
|
|
| |
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,
|
|
|
|
| |
Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.
|
|
|
|
| |
|
Inti | Stimulus | Guru menampilkan tayangan tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
|
|
|
Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
|
|
Identifikasi masalah | Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
|
|
Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
|
|
Pengumpulan data | Guru meminta siswa mengali informasi tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
|
|
Siswa menggali informasi tentang tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
| |
| Pembuktian | Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
| |
Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.
|
|
|
|
| |
Menarik kesimpulan | Siswa menyajikan dalam bentuk hasil diskusi kelompok tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
| |
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
| |
| Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru
|
|
|
|
| |
|
Siswa menyimpulkan materi tentang tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
|
|
|
| |
|
Penutup |
| Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas
|
|
|
|
|
|
|
Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.
|
|
|
|
|
|
Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
|
|
Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.
|
|
|
|
|
|
Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pembelajaran
Teknik : Non Test dan Test
Bentuk :
Disahkan Oleh …..., ………. 2020
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
………………………….. …………………………..
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment