RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas/ Semester : X/ I ( Satu )
Tahun Pelajaran : 2022/ 2023
Durasi : 12 x 45 Menit
Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan) : | Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.. |
KI-4 (Keterampilan) : | Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
| Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register Menjelaskan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register.
Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register) Mendemonstrasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran:
Peserta didik dapat Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
Peserta didik dapat Menjelaskan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register.
Peserta didik dapat Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
Peserta didik dapat Mendemonstrasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
Materi Pembelajaran
Rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
Model : Problem Based Learning
Alat dan Media Pembelajaran
Vidio Pembelajaran.
Slide Powerpoint.
LCD Proyektor.
Sumber Belajar
Hand Out
Internet
Langkah Pembelajaran
Tahap pemebelajaran | Sintaks Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Langkah Saintifik | Waktu |
---|
M 1 | M 2 | M 3 | M 4 | M 5 |
---|
Pendahuluan |
| Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
|
|
|
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
| |
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
|
|
|
|
| |
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
|
|
|
| |
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,
|
|
|
|
| |
Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.
|
|
|
|
| |
|
Inti | Stimulus | Guru menampilkan tayangan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
|
|
|
Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
|
|
Identifikasi masalah | Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
|
|
Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
|
|
Pengumpulan data | Guru meminta siswa mengali informasi tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
|
|
Siswa menggali informasi tentang tentang pengertian, peralatan dan kelengkapan gambar teknik
|
|
|
|
| |
| Pembuktian | Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
| |
Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.
|
|
|
|
| |
Menarik kesimpulan | Siswa menyajikan dalam bentuk hasil diskusi kelompok tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
| |
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
| |
| Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru
|
|
|
|
| |
|
Siswa menyimpulkan materi tentang tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
|
|
|
|
| |
|
Penutup |
| Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas
|
|
|
|
|
|
|
Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.
|
|
|
|
|
|
Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
|
|
Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.
|
|
|
|
|
|
Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pembelajaran
Teknik : Non Test dan Test
Bentuk :
Disahkan Oleh Sarolangun, Agustus 2022
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
No comments:
Post a Comment