iklan

Wednesday, 13 November 2024

RPP SISTEM KOMPUTER KD 3.4

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Sekolah :

Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mata Pelajaran : Sistem Komputer

Kelas/ Semester : X/ I ( Satu )

Tahun Pelajaran : 2022/ 2023

Durasi : 12 x 45 Menit


  1. Kompetensi Inti

KI-3 (Pengetahuan) :  

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..

KI-4 (Keterampilan) :      

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 











  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 




  1. Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)

  1. Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register

  2. Menjelaskan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register.

  1. Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)

  2. Mendemonstrasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)



  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran:

  1. Peserta didik dapat Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register

  2. Peserta didik dapat Menjelaskan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register.

  3. Peserta didik dapat Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)

  4. Peserta didik dapat Mendemonstrasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)

  1. Materi Pembelajaran

Rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 

  1. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

  1. Pendekatan : Saintifik

  2. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan 

  3. Model : Problem Based Learning

  1. Alat dan  Media Pembelajaran

  1. Vidio Pembelajaran.

  2. Slide Powerpoint.

  3. LCD Proyektor.

  1. Sumber Belajar

  1. Hand Out

  2. Internet

  1. Langkah Pembelajaran

Tahap 

pemebelajaran

Sintaks

Model Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Langkah Saintifik

Waktu

M

1

M

2

M

3

M

4

M

5

Pendahuluan



  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran







  1. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin






  1. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.






  1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.






  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung






  1. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,






  1. Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.







Inti

Stimulus

  1. Guru menampilkan tayangan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 














  1. Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 






Identifikasi masalah

  1. Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang  rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 






  1. Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 






Pengumpulan data

  1. Guru meminta siswa mengali informasi tentang rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 






  1. Siswa menggali informasi tentang tentang  pengertian, peralatan dan kelengkapan gambar teknik







Pembuktian

  1. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang  rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 






  1. Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.






Menarik kesimpulan

  1. Siswa menyajikan dalam bentuk  hasil diskusi kelompok tentang   rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 






  1. Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 







  1. Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru







  1. Siswa menyimpulkan materi tentang tentang  rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 











Penutup


  1. Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas











  1. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.






  1. Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.






  1. Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.






  1. Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.



























  1. Penilaian Pembelajaran 

  1. Teknik : Non Test dan Test

  2. Bentuk

  • Penilaian pengetahuan (Terlampir)

  • Penilaian keterampilan (Terlampir)


Disahkan Oleh Sarolangun,     Agustus 2022

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,









RPP SISTEM KOMPUTER KD 3.5

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi Mata Pelajaran : Sistem ...