iklan

Wednesday, 13 November 2024

RPP SISTEM KOMPUTER KD 3.2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Sekolah :

Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mata Pelajaran : Sistem Komputer

Kelas/ Semester : X/ I ( Satu )

Tahun Pelajaran : 2022/ 2023

Durasi : 12 x 45 Menit


  1. Kompetensi Inti

KI-3 (Pengetahuan) :  

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..

KI-4 (Keterampilan) :      

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 









  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Menganalisis relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter) 





  1. Merangkai fungsi gerbang logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)

  1. Menganalisis relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)

  2. Menjelaskan relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)

  1. Merangkai fungsi gerbang logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)

  2. Mendemonstrasikan fungsi gerbang logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)



  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran:

  1. Peserta didik dapat Menganalisis relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)

  2. Peserta didik dapat Menjelaskan relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)

  3. Peserta didik dapat Merangkai fungsi gerbang logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)

  4. Peserta didik dapat Mendemonstrasikan fungsi gerbang logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)

  1. Materi Pembelajaran

Relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  

  1. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

  1. Pendekatan : Saintifik

  2. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan 

  3. Model : Problem Based Learning

  1. Alat dan  Media Pembelajaran

  1. Vidio Pembelajaran.

  2. Slide Powerpoint.

  3. LCD Proyektor.

  1. Sumber Belajar

  1. Hand Out

  2. Internet

  1. Langkah Pembelajaran

Tahap 

pemebelajaran

Sintaks

Model Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Langkah Saintifik

Waktu

M

1

M

2

M

3

M

4

M

5

Pendahuluan



  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran







  1. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin






  1. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.






  1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.






  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung






  1. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,






  1. Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.











Inti

Stimulus

  1. Guru menampilkan tayangan tentang relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  














  1. Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  






Identifikasi masalah

  1. Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang  relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  






  1. Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  






Pengumpulan data

  1. Guru meminta siswa mengali informasi tentang relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  






  1. Siswa menggali informasi tentang tentang  relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  







Pembuktian

  1. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang  relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  






  1. Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.






Menarik kesimpulan

  1. Siswa menyajikan dalam bentuk  hasil diskusi kelompok tentang   relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  






  1. Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  







  1. Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru







  1. Siswa menyimpulkan materi tentang tentang  relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)  











Penutup


  1. Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas











  1. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.






  1. Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.






  1. Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.






  1. Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.
























  1. Penilaian Pembelajaran 

  1. Teknik : Non Test dan Test

  2. Bentuk

  • Penilaian pengetahuan (Terlampir)

  • Penilaian keterampilan (Terlampir)




Disahkan Oleh Sarolangun,     Agustus 2022

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,




No comments:

Post a Comment

RPP SISTEM KOMPUTER KD 3.5

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi Mata Pelajaran : Sistem ...