RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Program Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas/ Semester : X/ I ( Satu )
Tahun Pelajaran : 2022/ 2023
Durasi : 9 x 45 Menit
Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan) : | Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.. |
KI-4 (Keterampilan) : | Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
Mengaplikasikan fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Mempraktikkan fungsi operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
| Mengaplikasikan fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder) Menjelaskan fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Mempraktikkan fungsi operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder) Mendemonstrasikan fungsi operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran:
Peserta didik dapat Mengaplikasikan fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Peserta didik dapat Menjelaskan fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Peserta didik dapat Mempraktikkan fungsi operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Peserta didik dapat Mendemonstrasikan fungsi operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Materi Pembelajaran
Fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
Model : Problem Based Learning
Alat dan Media Pembelajaran
Vidio Pembelajaran.
Slide Powerpoint.
LCD Proyektor.
Sumber Belajar
Hand Out
Internet
Langkah Pembelajaran
Tahap pemebelajaran | Sintaks Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Langkah Saintifik | Waktu |
---|
M 1 | M 2 | M 3 | M 4 | M 5 |
---|
Pendahuluan |
| Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
|
|
|
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
| |
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
|
|
|
|
| |
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
|
|
|
| |
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya,
|
|
|
|
| |
Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.
|
|
|
|
| |
|
Inti | Stimulus | Guru menampilkan tayangan tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
|
|
|
Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
|
|
Identifikasi masalah | Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
|
|
Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
|
|
Pengumpulan data | Guru meminta siswa mengali informasi tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
|
|
Siswa menggali informasi tentang tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
| |
| Pembuktian | Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
| |
Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.
|
|
|
|
| |
Menarik kesimpulan | Siswa menyajikan dalam bentuk hasil diskusi kelompok tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
| |
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
| |
| Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru
|
|
|
|
| |
|
Siswa menyimpulkan materi tentang tentang fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
|
|
|
| |
|
Penutup |
| Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas
|
|
|
|
|
|
|
Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.
|
|
|
|
|
|
Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
|
|
Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.
|
|
|
|
|
|
Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pembelajaran
Teknik : Non Test dan Test
Bentuk :
Disahkan Oleh Sarolangun, Agustus 2022
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
No comments:
Post a Comment